Langsung ke konten utama

cara membaca yang efektif dan efisien

membaca merupakan aktifitas (kegiatan) yang bertujuan menangkap makna sebuah tulisan. banyak informasi yang di sajikan penulis dalam sebuah karya tulis, entah itu artikel, iklan, puisi, ataupun karya tulis ilmiah. informasi-informasi tersebut bisa berupa hal yang berkaitan dengan 5W 1H, who (siapa), what (apa), where (dimana), when (kapan), whose (miliksiapa) dan how (bagaimana). selain ke enam hal tersebut, informasi dalam karya tulis bisa berupa ide, pesan moral (seperti dalam karya fiksi) dan lain-lain.

maka dari itu ketika membaca, hendaknya kita memperhatikan tujuan membaca kita, karena tujuan tertentu memerlukan teknik membaca tertentu pula. Untuk itu dalam tulisan singkat ini saya akan menyebutkan macam-macam ketrampilan membaca yang antara lain adalah:

  1. Scanning skill : merupakan teknik membaca cepat. tujuan dari teknik membaca ini adalah    menangkap informasi yang meliputi 5W 1H seperti tersebut diatas.
  2. Skimming skill: merupakan cara membaca cepat dengan menekankan pada pehahaman terhadap   ide dari sebuah karya tulis.
  3. intensive reading skill: merupakan kegiatan membaca teks yang pendek untuk memperoleh  informasi secara mendetail dan akurat dengan memperhatikan setiap kata-katanya.
  4. extensive reading skill: merupakan teknik membaca dengan seksama dengan kecepatan  membaca yang lambat. Penekankan teknik ini adalah informasi yang menyeluruh. cara membaca ini lebih berfokus pada bahasa bukan kata.

bersambung......

Komentar

Postingan populer dari blog ini

best freeware review

Tahukah kamu dalam dunia komputer mengenal adanya freeware. apa itu...? Freeware adalah aplikasi gratisan jadi software ini bisa dodownload secara gratis di internet. Okay, berikut akan saya berikan contoh beserta ulasannya. yang pertama adalah AIMP2 Player AIMP2 Player merupakan software pemutar audio yang support dengan berbagai file audio seperti: MP1, MP2, MP3, MPC / MP+, AAC, AC3, Ogg, FLAC,APE, WavPack, Speex, WAV, CDA, WMA, S3M, XM, MOD, IT, MO3, MTM, UMX menyediakan fitur sound efek sperti Reverb, Flanger, Chorus, Pitch, Tempo, Echo, Speed. Lebih jelasnya mengenai fitur ini silahkan coba sendiri AIMP bisa digunakan untuk mengkonversi (mengubah) format file audio seperti: wma, mp3, wav dan ogg software ini juga menawarkan fitur pencari lagu, jadi kalian tinggal ketik judul lagu/artis/album yang diinginkan lalu tekan enter. eits......keluar deh lagu yang pengen kita putar. he..he.. tampilan AIMP2 Player seperti ini: trus gimana cara mendapatkan softwarenya? tenang... kalian tingg

Tips Memotret menggunakan kamera saku

Dulu ketika ketika fotografi masih menggunakan teknologi kamera analog, kegiatan memotret memerlukan film, kamar gelap untuk keperluan cucinya lalu pergi ke lab untuk mencetaknya. he..he.. Sudah pasti mahal kan? Sekarang dengan populernya teknologi digital, kegiatan memotret semakin mudah dan murah. Murah karena kesalahan dalam membuat komposisi, angle, ataupun pencahayaan bisa langsung diperbaiki karena kamera digital umumnya menyediakan fitur tampilan layar preview hasil jepretan kita. mudah karena kita tidak perlu repot-repot cuci film. he..he.. Teknologi camera digitalpun sekarang ini menjanjikan fitur-fitur memudahkan kita dalam memotret seperti mode automatis, AV, ataupun auto focus. Jadi tinggal atur komposisi trus jepret. jadi deh fotonya. he...he... Okay deh langsung saja, pada kesempatan ini saya akan berbagi kiat memotret kepada kalian. he...he... bukan merasa lebih bisa dari ente-ente semua lo yoh..... he..he.. tapi pada prinsipnya dalam mengambil gambar tu mengenal yan

Bermain dengan Photoshop

Membuat foto warna bernuansa hitam-putih pada kesmpatan kali ini saya akan mencoba berbagi teknik olah digital fotografi kepada kalian semua, yakni membuat foto hitam putih akan tetapi sekaligus memberikan sentuhan warna pada foto tersebut. he..he.. aneh ya....? Dulu sebelum saya mengenal teknologi olah digital juga merasakan hal yang sama... aneh. Allright, langsung saja dalam tulisan saya kali ini saya akan menunjukkan rahasianya. pertama-tama siapkan foto berwarna yang kira-kira ada sentuhan warna yang solid (menonjol) pada objek fotonya misalnya dalam trik kali ini saya menggunakan foto artis Nia Ramadani yang kebetulan cocok untuk praktek kita kali ini, yakni foto close up berwarna dalam posenya, Nia mengenakan topi berwarna merah maroon. Foto ini kebetulan saya dapatkan dari internet. Ga papa khan....he..he.. Foto ini didapat dari link ini selanjutnya Buka Foto tersebut dengan Adobe Photoshop, entah versi 7, CS, CS2 atau versi yang paling baru silahkan saja. dalam hal ini saya me