Langsung ke konten utama

Cara mengatasi dan melindungi komputer dari serangan virus

Sebagai pengguna komputer, tentunya kita tidaklah asing dengan gangguan (masalah) pada computer kita, seperti lambatnya kerja komputer, rusaknya aplikasi seperti media pemutar mp3 khususnya winamp yang populer di Indonesia karena aplikasi ini merupakan freeware (aplikasi gratisan), ataupun terjadinya mal-fungsi pada program pengolah kata khususnya word dan lain-lain. Gangguan tersebut merupakan indikasi terganggunya software komputer kita yang umumnya disebabkan oleh serangan virus.


Serangan virus sangat merugikan pengguna komputer karena selain menimbulkan gangguan atau kerusakan pada OS (operating system) dan aplikasi yang terpasang (ter-install), virus juga merusak data-data yang tersimpan pada hardisk ataupun UFD. Sering kali setelah proses installasi (format ulang) baru saja selesai kita lakukan, namun komputer kita sudah terjangkit virus dari media penyimpan data seperti UFD (USB flashdisk), cd atau dvd backup kita yang terkotaminasi oleh virus ketika kita mengakses kedua media penyimpan data tersebut pada komputer. Begitu pula ketika kita baru saja memasang antivirus update terbaru hal ini masih memungkinkan terjangkitnya virus, karena luput dari proses ‘scanning’ antivirus, jika antivirus yang kita pasang (install) tidak mempunyai data base varian virus yang terlanjur menginfeksi data-data kita pada media penyimpan data baik hardisk internal, UFD, ataupun cakram cd/dvd backup kita.


Untuk itu dalam artikel singkat ini, saya mencoba berbagi tips mengatasi virus.
Upaya memproteksi (melindungi) komputer dari serangan virus dapat dilakukan dalam berbagai cara dan perlakuan (treatment). Umumnya usaha pengguna koputer hanya sebatas pada pemasangan update antivirus yang dipakai ataupun mengganti dengan antivirus versi yang terbaru. Upaya membekukan program dengan menggunakan software seperti deepfreeze sudah populer pada kebanyakan warung internet (warnet) tapi tidak populer pada lapisan pengguna pc (personal computer), padahal aplikasi tersebut sangatlah menolong bagi kita.


Adapun cara dan treatmentnya dapat dilakukan dengan langkah- langkah sebagai berikut:

download antivirus versi yang terbaru. Bagi pennguna komputer di Indonesia, disarankan menggunakan lebih dari satu antivirus. Baiknya kita menggunakan antivirus mainstream seperti avira, Kaspersky, avast dan lain-lain sebagai pengaman dari varian-varian virus yang menyebar secara global karena sudah teruji keampuhannya dan pcmav atau smadav sebagai antivirus untuk varian lokal. akan tetapi pada artikel singkat ini, saya menyarankan menggunakan avira dan smadav karena selama ini saya tidak merasakan gangguan seperti menurun (lambatnya) kerja komputer saya ketika menggunakan keduanya .

download avira disini (pilih yang free edition jika menginginkan aplikasinya secara gratis)

download smadav disini

selanjutnya jika data-data yang tersimpan pada hardisk dirasa sangat penting, maka Lakukan backup data-data tersebut dengan cara copy-paste ke media UFD (USB flash disk) ataupun mem-burning-nya ke media cakram cd/dvd.


kemudian install dan lakukan scanning pada seluruh partisi hardisk komputer kita dengan kedua antivirus diatas.

setelah selesai melakukan scanning pada seluruh partisi, akan tetapi sistem operasi kita tetap tidak stabil atau biasanya lemot, berarti harus dilakukan reinstallasi operating systemnya. Lakukan install ulang komputer anda menggunakan windows installer, jika memungkinkan melakukan partisi, sebaiknya bagi partisi anda menjadi 3 drive C: , D: , dan E: . mengapa demikian? jika memiliki 3 partisi dan dipasang pembeku program, maka kita masih bisa menyisihkan 1 drive misalnya drive E: untuk tidak dibekukan, sehingga kita masih bisa leluasa melakukan copy-paste pada drive ini.


Setelah proses inslallasi system operasi selesai, lanjutkan dengan pemasangan (installasi) antivirus. lalu scann lagi jika masih dirasa perlu melakukan scanning. Kemudian lakukan pembekuan program dengan cara memasang (meng-install) deepfreeze versi terbaru dan centang drive option yang akan di bekukan. Sebaiknya pilih drive C: dan D: untuk dibekukan dan drive E:-nya tidak perlu dibekukan untuk kepentingan kemudahan penyimpanan data baru. Setelah proses insllasi selesai computer secara otomatis akan restart, setelah restart, lakukan konfigurasi pada system pembeku program deepfreeze untuk keperluan pengaturan password.

sekian, semoga bermanfaat…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

best freeware review

Tahukah kamu dalam dunia komputer mengenal adanya freeware. apa itu...? Freeware adalah aplikasi gratisan jadi software ini bisa dodownload secara gratis di internet. Okay, berikut akan saya berikan contoh beserta ulasannya. yang pertama adalah AIMP2 Player AIMP2 Player merupakan software pemutar audio yang support dengan berbagai file audio seperti: MP1, MP2, MP3, MPC / MP+, AAC, AC3, Ogg, FLAC,APE, WavPack, Speex, WAV, CDA, WMA, S3M, XM, MOD, IT, MO3, MTM, UMX menyediakan fitur sound efek sperti Reverb, Flanger, Chorus, Pitch, Tempo, Echo, Speed. Lebih jelasnya mengenai fitur ini silahkan coba sendiri AIMP bisa digunakan untuk mengkonversi (mengubah) format file audio seperti: wma, mp3, wav dan ogg software ini juga menawarkan fitur pencari lagu, jadi kalian tinggal ketik judul lagu/artis/album yang diinginkan lalu tekan enter. eits......keluar deh lagu yang pengen kita putar. he..he.. tampilan AIMP2 Player seperti ini: trus gimana cara mendapatkan softwarenya? tenang... kalian tingg

cara membaca yang efektif dan efisien

membaca merupakan aktifitas (kegiatan) yang bertujuan menangkap makna sebuah tulisan. banyak informasi yang di sajikan penulis dalam sebuah karya tulis, entah itu artikel, iklan, puisi, ataupun karya tulis ilmiah. informasi-informasi tersebut bisa berupa hal yang berkaitan dengan 5W 1H, who (siapa), what (apa), where (dimana), when (kapan), whose (miliksiapa) dan how (bagaimana). selain ke enam hal tersebut, informasi dalam karya tulis bisa berupa ide, pesan moral (seperti dalam karya fiksi) dan lain-lain. maka dari itu ketika membaca, hendaknya kita memperhatikan tujuan membaca kita, karena tujuan tertentu memerlukan teknik membaca tertentu pula. Untuk itu dalam tulisan singkat ini saya akan menyebutkan macam-macam ketrampilan membaca yang antara lain adalah: Scanning skill : merupakan teknik membaca cepat. tujuan dari teknik membaca ini adalah    menangkap informasi yang meliputi 5W 1H seperti tersebut diatas. Skimming skill: merupakan cara membaca cepat dengan menekankan p

Tips Memotret menggunakan kamera saku

Dulu ketika ketika fotografi masih menggunakan teknologi kamera analog, kegiatan memotret memerlukan film, kamar gelap untuk keperluan cucinya lalu pergi ke lab untuk mencetaknya. he..he.. Sudah pasti mahal kan? Sekarang dengan populernya teknologi digital, kegiatan memotret semakin mudah dan murah. Murah karena kesalahan dalam membuat komposisi, angle, ataupun pencahayaan bisa langsung diperbaiki karena kamera digital umumnya menyediakan fitur tampilan layar preview hasil jepretan kita. mudah karena kita tidak perlu repot-repot cuci film. he..he.. Teknologi camera digitalpun sekarang ini menjanjikan fitur-fitur memudahkan kita dalam memotret seperti mode automatis, AV, ataupun auto focus. Jadi tinggal atur komposisi trus jepret. jadi deh fotonya. he...he... Okay deh langsung saja, pada kesempatan ini saya akan berbagi kiat memotret kepada kalian. he...he... bukan merasa lebih bisa dari ente-ente semua lo yoh..... he..he.. tapi pada prinsipnya dalam mengambil gambar tu mengenal yan